• Snob, Sebutan Orang yang Sok Tahu



    Pernahkah kalian menemukan orang yang sok tahu dan sok pintar?


    Mau itu teman luar ataupun teman sekelas?

    Apa itu orang yang sok pintar?


    "Orang yang “sok” pintar adalah orang yang merasa diri pintar tetapi sebenarnya tidak pintar. Dalam fabel China orang seperti ini digambarkan seperti seekor keledai yang mengangkut patung-patung dewa menuju ke kuil. Dalam perjalanan, banyak orang menghormati patung-patung itu sambil tunduk dan membungkukkan badan. Namun keledai yang sok itu berkata, “Lihat, mereka tunduk, menyembah dan menghormati aku”. Keledai itu “merasa” dirinya dihormati, tetapi sebenarnya ia tidak dihormati." - kaskus

    Orang yang sok pintar dan sok "iyeh" memiliki kebiasaan yang sering menceritakan dirinya sendiri agar orang lain mengenal pribadinya ataupun pengalaman pribadinya seperti apa yang dia bicarakan, padahal belum tentu apa yang dia bicarakan itu adalah kenyataan.

    Snob adalah sebutan untuk orang itu, terlalu banyak bicara dibanding dengan perbuatan. Orang yang demikian juga sering memperkenalkan diri dan masa lalunya se-wow pembicaraanya, padahal apabila dibuktikan, sekarang saja boro-boro seperti itu.

    Contohnya, "Gua waktu SMP itu orang yg primadona", kalaupun iya itu dia primadona, kenapa waktu SMA ataupun kuliah dia itu orang yang tidak dikenal oleh semua siswa? Kalaupun iya orang itu adalah orang yang pendiam, orang lain bakal tahu dia, lewat banyak yang tidaknya naksir kepada orang itu, orang yang primadona bakal dikenal gegara banyak orang yang naksir, jadi ingin lebih tahu, "Mana sih orang yang ditaksir Anu tuh? Oh itu", dari percakapan itu lah sehingga dia lebih dikenal, dan kalau Snob? Pasti tidak tentunya.

    Kenapa ada orang yang berlaku demikian?

    "Memang ada orang yang demikian yang biasa disebut dengan istilah “snob”. Yaitu sikap sok. Ada banyak macam sok. Dalam hal ini sok tahu, sok mengerti dan sok pintar. Penyebabnya bisa macam-macam Antara lain, malu kalau dianggap tidak tahu, ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa dia tahu dan mengerti (padahall sesungguhnya tahunya hanya sedikit bahkan samasekali tidak tahu), ingin dianggap hebat, takut dianggap bodoh, ingin mengalahkan lawan bicaranya dan yang lebih parah adalah ingin menyakiti hati lawan bicaranya. Memang ada orang-orang tertentu yang mempunyai perangai demikian." - kaskus

    Apa Saja ciri-cirinya?

    Mengomentari hasil karya seseorang yang sesungguhnya dia tidak memahami latar belakangnya, maksudnya, alasannya maupun tujuan-tujuannya. Misalnya, ada seseorang membuat motor bertenaga surya, maka dia yang tidak faham hal-hal yang berhubungan dengan tenaga surya atau solar cell akan mengritik karya tersebut seolah-olah faham betul dengan teknologi tenaga surya. Padahal, pendapat-pendapatnya hanya berdasarkan perkiraan saja. Hanya seolah-olah tahu dan mengerti.

    Suka mengritik dan mencela, tetapi dia sendiri tidak punya karya apa-apa. Pengalaman dan pengamatan penulis, orang yang suka mengritik an mencela karya seseorang , ternyata tidak mempunyai karya apapun.Kalaupun punya, hanya biasa-biasa saja. Itupun mungkin jumlahnya hanya satu dua saja. Dan belum tentu karyanya berkualitas. Apalagi, biasanya tidak pernah mendapatkan penghargan ataupun award dari lembaga yang terpercaya.

    Orang yang sok tahu itu enggan bertanya

    Ciri lain yaitu dia enggan bertanya. Baginya, bertanya sama saja menunjukkan kebodohan. Oleh karena itu dia enggan bertanya walaupun dia sebenarnya tidak tahu. Supaya tidak dianggap bodoh, maka diapun berbicara atau menulis seolah-olah dia tahu. Padahal, bagi orang yang ilmunya banyak atau wawasan berpikirnya luas, tentu tahu bahwa apa yang dikatakan atau ditulus dia (orang lain) itu keliru.

    Cara menghadapinya?

    - Biarkan si Sok Pintar itu Berbicara semaunya dan jadilah Pendengar yang baik untuknya
    - Berikan Sedikit Pertanyaan Untuknya Agar Dia Bercerita Banyak Tentang Apa yang Ia Ketahui
    - Jangan Pernah Potong Pembicaraannya Yang Akan Mengakibatkan Saling Adu Argument
    - Tetap Tenang, Sabar dan Terus Berusaha Mencari Kelemahan Pembicaraannya
    - Berikan Penjelasan Dengan Fakta bukan “katanya”
    - Biarkan Si Sok Pintar Menyadari Sendiri Kekeliruannya Jangan berusaha kita Sadarkan
    rivangrazeldakaskus

    1 comments → Snob, Sebutan Orang yang Sok Tahu

    Post a Comment