• Business Plan? Harus?



    Kita akan sangat ingin menjadi superhero dan seakan akan kita mempunyai super  power di dunia nyata saat setelah menonton film super hero.

    Kita akan sangat ingin menjadi penemu saat kita setelah menonton film bertemakan science fiction. Kita akan sangat ingin menjadi pemain bola setelah menonton bertemakan sepak bola. Begitu juga saat kita ingin menjadi pengusaha, maka kita harus menonton film bertemakan pengusaha, seperti film Thailand, The Billionare.

    Anda ingin menjadi pengusaha? Maka harus dan wajib mengenal bisnis plan. Apa itu bisnis plan? Kita dapat mengetahui apa itu bisnis plan ketika kita menekuni di bidang kewirausahaan.

    Dalam bahasa artinya adalah rencana bisnis. Bisnis plan adalah dokumen tertulis yang menggambarkan tujuan bisnis kita.

    Sebenarnya bisa sih kalo kita berwirausaha tanpa bisnis plan. Tapi, bisnis plan itu penting, kalo kata Pak Budi “Bisnis Plan itu Peta”. Tau Pak Budi? Beliau dosen kewirausahaan paling motivator di kampus UPI.

    Untuk mengenal lebih lanjut silahkan follow twitter Pak Budi @BudiLaksonoP, dan jangan lupa follow juga @rivangrazelda.




    Saking pentingnya, disini ada alasan mengapa dalam melakukan kewirausahaan harus ada bisnis plan.

    1. Sebagai Peta




    Bisnis plan itu bisa dikatakan peta atau guideline dalam navigasi peta harta karun, karena 70% dalam kewirausahaan itu adalah usaha dan sisa 30%nya adalah doa, tidak sepenuhnya tujuan dalam kewirausahaan kita berhasil, maka harus dibutuhkan peta.

    Bisa dikatakan juga panduan untuk berwirausaha, sangat penting untuk membuat tahapan-tahapan kedepan untuk dikerjakan agar berjalan rapi dan teratur sesuai rencana.

    Panduan dari segi modal atau keuangan, segi SDM, pemasaran, sesuai target atau tidaknya.


    2. Tahu Apa Yang Akan Terjadi Kedepan



    Dalam bisnis plan itu kita akan mengetahui masalah yang akan dihadapi dan resiko yang akan ditanggung. Misalkan ada masalah datang, pasti tidak jauh jauh dari masalah yang diperkirakan oleh kita di bisnis plan, karena dalam kewirausahaan itu “maen gosok di ale-ale”.  

    Kita akan menerka penghasilan yang akan dihasilkan dan akan manajemen sumber daya yang ada lebih efektif. Kita tahu apa yang akan terjadi ke depan karena business plan ini adalah strategi.

    3. Melatih Kreativitas



    Kita bisa berkreasi di Bisnis Plan, karena berkreasi itu penting di kewirausahaan, mulai dari ide ide usaha yang akan direalisasikan, aktualisasi ilmu ilmu yang didapatkan, ingat slogan, “yang beda lebih dilirik”.

    4. Mengetahui dan Evaluasi Kelemahan Kelebihan



    Dalam bisnis plan kita akan belajar dan mengevaluasi hasil dan kemungkinan dalam bisnis yang akan dijalani. Kekuatan apa yang kita miliki sehingga kita bisa memaksimalka potensi.

    Kelemahan apa yang kita miliki sehingga kita harus evaluasi kedepan dan membuat kelemahan itu menjadi kelebihan kita. 

    "Berwirausaha tanpa business plan? Mengerikan!"
    Setelah mengenal apa itu bisnis plan, jadi kalo berwirausaha jangan langsung action untuk terjun ke lapangan, karena “actions need strategy”. Dan jangan pernah menyerah. Untuk yang berwirausaha, semoga sukses! 

    post ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir Mata Kuliah Kewirausahaan yang diampu oleh
    Bpk Budi Laksono Putro S.SI., M.T
    Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer 
    cs.upi.edu )
    Universitas Pendidikan Indonesia

    0 comments → Business Plan? Harus?

    Post a Comment